Periklanan Pengertian Ciri ciri Jenis Fungsi dan Contohnya
Ciri Ciri Iklan Periklanan ada di sekitar kita bersaing untuk mendapatkan perhatian dan memengaruhi
Gambar : Ciri Ciri Iklan
Ciri Ciri Iklan Periklanan ada di sekitar kita, bersaing untuk mendapatkan apa itu yang wajib perhatian dan memengaruhi keputusan pembelian kita. Sebagian besar perusahaan membuat iklan, namun tidak semuanya mencapai hasil yang diharapkan. Mungkin karena iklannya kurang unsur promosinya. Elemen-elemen ini sangat penting untuk keberhasilan atau kegagalan sebuah iklan.
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang unsur-unsur periklanan beserta pengertian, ciri-ciri dan jenisnya. Simak penjelasannya sampai habis ya!
Tujuan Untuk Mengunakan Periklanan
Membuat iklan memiliki beberapa tujuan, antara lain:
- Pemasaran produk atau jasa.
- Memberikan informasi mengenai produk yang dijual.
- Meyakinkan pelanggan.
- Mengingatkan pengguna.
- Menghasilkan penjualan langsung.
- Membangun citra perusahaan.
Berdasarkan keenam tujuan periklanan tersebut terlihat bahwa dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja anda inginkan. Periklanan selain untuk memperkenalkan produk perusahaan juga bertujuan untuk membujuk khalayak agar membeli atau menyewa produk yang diiklankan.
Untuk lebih memahami periklanan, Anda juga harus memahami ciri-ciri periklanan. Apa ciri-ciri periklanan?
Fitur Periklanan
Fitur periklanan meliputi:
Gunakan kata-kata pendek
Kata-kata singkat dalam iklan bertujuan untuk menyampaikan pesan secara efektif.
Pemilihan kata bersifat sugestif
Pemilihan kata atau diksi yang menggugah erat kaitannya dengan mempengaruhi minat konsumen terhadap produk yang diusulkan.
Ini informatif
Memberikan informasi secara ringkas dan jelas serta tidak menyinggung pihak lain.
Bertujuan
Memiliki target pasar tujuan yang begitu efektif sekali dalam menyediakan produk.
Setelah mengetahui ciri-ciri iklan, terdapat juga jenis-jenis iklan, sehingga Anda dapat mengetahui perbedaan antara jenis iklan yang satu dengan jenis iklan lainnya.
Jenis iklan
Dimana iklan ada dua yaitu : iklan komersial dan iklan nonkomersial.
Iklan komersial
Iklan komersial adalah iklan yang ditujukan untuk mempromosikan barang atau jasa. Biasanya dalam iklan komersial terdapat beberapa tempat yang memuat informasi mengenai barang atau jasa yang diiklankan, misalnya:
- produk impor,
- deklarasi produk,
kualitas produk, - Bagaimana cara mendapatkan produknya
- Terkadang ada harga dan review dari pengguna yang pernah menggunakan produk tersebut.
Iklan non-komersial
Sebaliknya, iklan non-komersial bertujuan untuk mengatakan sesuatu atau membuat orang mengambil tindakan. Jenis iklan non-komersial adalah:
A. Pengumuman atau pesan iklan
Tujuan dari pembuatan iklan tersebut pengumuman atau pesan iklan adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang suatu hal. Misalnya saja lomba periklanan tingkat nasional yang terbuka untuk siswa SMP dan SMA, atau informasi pengenalan moda transportasi baru di kota.
B.Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk melibatkan masyarakat dan meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan sosial terkini. Misalnya, iklan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dibandingkan mobil pribadi untuk mengurangi polusi udara.
C. Permintaan iklan
Secara umum, iklan pencarian dibuat atas permintaan individu, agensi, atau institusi tertentu yang menginginkan informasi tersedia untuk publik, seperti lowongan pekerjaan.