Ciri Ciri Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui di Tahun 2024
Ciri Ciri Penyakit Ginjal Setiap bagian tubuh manusia mempunyai fungsinya masing-masing

By Batu Akik 13 Mar 2024, 10:52:07 WIB Kesehatan
Ciri Ciri Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui di Tahun 2024

Gambar : Ciri Sakit Ginjal


Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Setiap bagian tubuh manusia mempunyai fungsinya masing-masing, dan ginjal berukuran kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa. Terletak di tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk, ginjal terdiri dari sepasang organ: ginjal kiri dan ginjal kanan. Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring seluruh cairan yang masuk ke dalam tubuh dan mengangkutnya ke kandung kemih. Akibatnya, urin diproduksi, yang memungkinkan tubuh membuang semua racun.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan menumpuk cairan, racun, dan produk limbah, dan kondisi ini dapat memicu masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala awal penyakit ginjal agar dapat mengobatinya sejak awal. Cek informasinya di sini!

Gejala Awal yang Sering Luput Dari Perhatian

Pada dasarnya penyakit ginjal sering kali diabaikan oleh pasien, namun seiring berjalannya waktu, jika tidak segera ditangani, kondisinya bisa semakin parah dan berujung pada komplikasi serius. Oleh karena itu, gejala seperti itu tidak boleh diabaikan, meski dalam tahap ringan. Berikut beberapa gejala umum penyakit ginjal yang tidak boleh Anda abaikan.

Urin Kuning

Gejala awal penyakit ginjal yang paling umum adalah perubahan warna urin menjadi keruh (coklat kemerahan) karena kemampuan ginjal dalam menyaring urin tidak bekerja secara efisien.

Peningkatan frekuensi Buang Air Kecil

Bukan hanya warnanya yang keruh. Frekuensi buang air kecil di malam hari juga meningkat. Meski frekuensinya meningkat, namun jumlah urin yang dikeluarkan cenderung sedikit. Selain gangguan ginjal, kondisi tersebut juga diduga merupakan gejala diabetes.

Kekurangan Darah

Salah satu fungsi ginjal adalah membuat sel darah merah. Ini adalah sel darah merah dan bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika fungsi ini terganggu, berarti ada risiko anemia (kekurangan darah).

Sakit Punggung Bagian Bawah

Gejala khas lain dari disfungsi ginjal adalah nyeri punggung bawah. Terutama area pinggang. Saya merasakan sakit di kedua sisi punggung saya selama beberapa hari.

Kembung

Kerusakan ginjal juga ditandai dengan kembung. Gejala ini berlangsung lama dan ditandai dengan sesak napas dan kedinginan meski berada di ruangan hangat, namun kembung bisa jadi merupakan gejala penyakit lain. Masih banyak lainnya.

Mengurangi Nafsu Makan

Kembung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut dan mengurangi nafsu makan. Kondisi ini juga disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam tubuh.

Kualitas Tidur Yang Buruk

WebMD melaporkan bahwa penelitian menunjukkan hubungan antara sleep apnea dan penyakit ginjal kronis. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat merusak organ tersebut dan menyebabkan gagal ginjal. Itu karena sleep apnea dapat merusak ginjal dengan mencegah tubuh Anda mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Gagal ginjal kronis juga bisa menyebabkan sleep apnea, penyempitan tenggorokan, dan penumpukan racun dalam tubuh.

Kulit Kering dan Gatal

Ginjal yang sehat menjalankan fungsi penting dalam tubuh, termasuk membuang produk limbah dan kelebihan air dari tubuh. Membantu memproduksi sel darah merah Membantu menjaga dalam  kekuatan tulang membantu menjaga dengan berbanyaki jumlah mineral dalam darah.

Jika Anda memiliki kulit kering dan rasa gatal yang tak kunjung hilang, bisa jadi ini pertanda penyakit ginjal. Kondisi ini bisa terjadi akibat menurunnya fungsi ginjal. Mineral dan nutrisi yang tidak seimbang dalam darah




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment