Kunci Dasar Chord Gitar
Pahami urutan nada membungkuk untuk menguasai akord gitar dasar dengan lebih baik

By Batu Akik 26 Mar 2024, 14:53:44 WIB Hiburan
Kunci Dasar Chord Gitar

Gambar : Chord Gitar


Pahami urutan nada membungkuk untuk menguasai akord gitar dasar dengan lebih baik
Untuk lebih menguasai kunci dasar gitar, Anda perlu memahami komponen sumber suara pada alat musik gesek ini. Didesain dengan menggunakan rangkaian string untuk menciptakan getaran dengan nama tertentu. Ada 6 jenis senar dengan ukuran berbeda dan nada dasar berbeda.

Terdapat 6 senar pada sebuah gitar. Urutan nada dasar dari atas adalah E (tinggi), A, D, G, B dan E (rendah). Masing-masing senar gitar ini mempunyai nama yang berbeda-beda tergantung dari susunan dan ukuran senarnya. Terdiri dari tiga senar bass untuk senar no.
Jenis Gitar yang Perlu Anda Ketahui
Banyak sekali tipe, tipe dan varian gitar yang dijual di pasaran Indonesia diantaranya kami Yamaha Musik Indonesia sebagai distributor resmi gitar original Yamaha dengan harga terjangkau.

Ada berbagai jenis gitar yang perlu Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Gitar akustik klasik

Gitar jenis ini mengandalkan senar nilon untuk menghasilkan suaranya yang khas. Menggunakan gitar klasik tidak memerlukan amplifier atau listrik untuk menghasilkan suara.

Dengan gitar akustik, produk ini mudah dimainkan dan dibawa kemana saja. Gitar klasik menghasilkan suara yang lembut berkat senar nilonnya.

2. Gitar akustik dengan senar baja

Alat musik gesek jenis ini memiliki bentuk dan corak yang mirip dengan gitar klasik dan menggunakan senar baja untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan terang. Gitar jenis ini sering digunakan sebagai instrumen musik folk, country, blues, pop, rock, bluegrass, dll.

3. Gitar listrik

Gitar jenis ini banyak digunakan sebagai instrumen hampir di semua genre musik. Ia menggunakan listrik dan amplifier untuk menghasilkan suara gitar. Gitar serbaguna, tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Peralatan yang digunakan pada gitar listrik dapat bervariasi dari satu gitar ke gitar lainnya. Tergantung efek yang digunakan, gitar ini menghasilkan suara yang berbeda-beda.

4. Gitar elektro-akustik

Gitar jenis ini merupakan gitar akustik yang dilengkapi dengan voice coil sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan suara yang kuat melalui amplifier. Gitar elektro-akustik ini dilengkapi dengan soket jack untuk dihubungkan ke kontrol. Kontrol ini memungkinkan Anda menyesuaikan volume dan EQ, memasukkan baterai, dan terkadang memiliki tuner internal.

Jenis gitar yang Anda gunakan tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Walaupun alat musik gesek ini berbeda jenisnya, namun gaya permainannya tetap sama. Gunakan akord gitar dasar yang sama dengan progresi berbeda untuk setiap nada yang dinaikkan atau diturunkan.

Selain bentuk dan tabungnya, suara gitar juga dipengaruhi oleh senar gitar yang digunakan. Ada banyak jenis dan model senar gitar yang dapat digunakan tergantung kebutuhan Anda.

Jenis senar gitar menurut fungsinya

Gitar, sebagai alat musik petik, mengandalkan senar untuk menghasilkan nada dan nada. Ada berbagai jenis senar gitar yang dapat digunakan tergantung fungsinya, antara lain sebagai berikut.

1. Tali baja dan nikel

Produk string baja dan nikel ini mempunyai kepadatan yang tinggi sehingga lebih kuat dan tidak mudah putus karena tegangan yang tinggi.

Senar baja dan nikel direkomendasikan untuk menghasilkan nada tinggi untuk genre musik rock, metal, dan country. Strap gitar jenis ini tidak hanya digunakan untuk gitar elektrik saja, namun juga dapat digunakan untuk gitar akustik.

2. Tali nilon

Senar gitar jenis ini direkomendasikan untuk gitar akustik dan pengiring musik folk yang lembut dan lambat. Senar nilon juga biasa digunakan pada gitar yang menggunakan senar tersebut, memiliki leher dengan fret yang lebih sedikit dan juga lebih tebal. Keunggulan strap ini adalah tidak berkarat dan leher gitar tidak akan bengkok dengan menggunakan strap ini.

3. Tali kuningan dan perunggu

Tali jenis ini banyak digunakan di Indonesia. Direkomendasikan untuk chord gitar akustik karena senar kuningan dan perunggu dapat menghasilkan suara yang jernih. Produk ini tidak kalah kuatnya dengan kabel baja, yaitu memiliki ketahanan yang tinggi terhadap tekanan dan tegangan yang kuat.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment