Gejala Gagal Ginjal Pada Anak - Anak Terbaru 2024
Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Anak merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian utama di Indonesia.

By Batu Akik 12 Mar 2024, 09:13:49 WIB Kesehatan
Gejala Gagal Ginjal Pada Anak - Anak Terbaru 2024

Gambar : Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Anak


Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Anak merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Ya, gagal ginjal pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang sedang terjadi di belakangan ini.

Gagal ginjal pada anak tidak boleh dianggap remeh. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui penyebab dan gejala gagal ginjal pada anak.

Apa Itu Gagal Ginjal pada Anak?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal tidak berfungsi dengan baik akibat rusaknya organ tersebut. Tak hanya bagi orang dewasa saja, penyakit gagal ginjal tentunya juga menjadi penyakit yang sangat berbahaya bagi anak-anak. Kondisi gagal ginjal ini umumnya merupakan tahap akhir dari penyakit ginjal lainnya.

Gagal Ginjal Pada Anak Terbagi Menjadi Dua Jenis Yaitu

Cedera ginjal akut (AKI) atau gagal ginjal akut: merupakan suatu kondisi dimana gagal ginjal terjadi secara tiba-tiba. AKI bisa disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran kemih, gangguan aliran darah ke ginjal, atau masalah pada ginjal itu sendiri.
Penyakit ginjal kronis (CKD) atau gagal ginjal kronis: Gagal ginjal pada masa kanak-kanak yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal secara bertahap yang dapat terjadi selama 3 bulan atau lebih. Ini karena jaringan ginjal mengalami kerusakan.

Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak

Gagal ginjal terjadi ketika kerusakan pada organ-organ tersebut sangat parah atau terjadi dalam jangka waktu yang lama sehingga garam dan bahan kimia lainnya menumpuk di dalam tubuh.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada anak, antara lain:

  • Kebutuhan cairan tubuh anak tidak terpenuhi dalam jangka waktu lama.
  • Menderita penyakit ginjal tertentu, seperti: B. radang ginjal akut, glomerulonefritis dan lain-lain.
  • Riwayat penyakit bawaan pada orang tua kandung, seperti darah tinggi dan diabetes.
  • Berpotensi menimbulkan keracunan zat tertentu.
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu.
  • Penyakit yang menyebabkan peredaran darah pada tubuh anak, seperti serangan jantung, gangguan, pendarahan, dll.
  • Ia menderita sindrom uremik hemolitik (pembuluh darah kecil di ginjal meradang dan rusak). 

Gejala Gagal Ginjal Pada Anak

Gagal ginjal pada anak memiliki tanda dan gejala tertentu yang dapat dikenali oleh orang tua. Gejala gagal ginjal pada anak adalah sebagai berikut:

  • Sering mual dan muntah
  • Nyeri di Perut sebelah kiri atau kanan
    urin berdarah
  • Buang air kecil tidak nyaman karena sakit
  • Sakit kepala biasa
  • Kulit terlihat lebih pucat dari biasanya
  • Jarang ingin membuang air kecil dan urin lebih pekat dari biasanya
  • Wajah, tangan, atau kaki tampak bengkak
    anemia

Pengobatan Gagal Ginjal Pada Anak

Jika gagal ginjal pada anak tidak segera ditangani, maka bisa berakibat fatal bahkan berakhir pada kematian. Oleh karena itu, sebagai orang tua, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat terhadap penyakit gagal ginjal anak Anda. Pengobatan gagal ginjal pada anak bergantung pada seberapa serius kondisinya. Berikut beberapa pengobatan gagal ginjal pada anak yang biasa diberikan dokter:

  • Obat-obatan: Beberapa obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengatasi kegagalan ginjal pada anak adalah eritropoietin (jika pasien menderita anemia), diuretik, pengatur tekanan darah, dll atau obat anti keracunan jika keracunan yang menyebabkan gagal ginjal.
    Rekomendasi untuk gaya hidup sehat.
  • Dialisis: Dialisis, atau bahasa sehari-hari disebut dialisis, adalah prosedur medis di mana bahan limbah dikeluarkan dari tubuh menggunakan mesin khusus.
  • Transplantasi ginjal: Jika kondisi pasien cukup parah untuk dipertimbangkan, dokter akan merekomendasikan transplantasi ginjal. Selama prosedur pembedahan ini, ginjal yang rusak diganti dengan ginjal donor yang sehat.



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment