Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah 2024
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah 2024, dimana jual beli tanah harus memiliki surat surat perjanjian yang bergitu sah.

By Batu Akik 26 Mar 2024, 14:55:44 WIB Sekitar Kita
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah 2024

Gambar : Surat Perjanjian Jual Tanah


Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah 2024, dimana jual beli tanah harus memiliki surat surat perjanjian yang bergitu sah. Dan tentunya sangat lah sederhana karena perjanjian ini dimana akan di tunjukan kepada dua pihak yaitu dari pihak yang bersangkutan seperti pihak penjual dan pihak pembeli yang melakukan transaksi di yang di bawah hukum. Agar lebih kuat lagi di mata hukum bisa ditambahkan dengan menggunakan materai 6.000 saja. Dengan begitu anda aman dan nyaman terhindar dari masalah maupun kendala apapun dan tidak ada yang bisa mengganggu gugat karena kedua pihak memiliki bukti yang begitu jelas terang terangan. Dalam berkesepatanan dari awal penjualan untuk melakukan pembuatan surat perjanjian sangat lah mudah sekali anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Berikut dibawah ini adalah satu contoh dalam jual Surat Perjanjian Jual Beli Tanah.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Ini dibuat dan ditandatangani pada hari ini 13/02/2024 di tempat medan antara :

Penjual

  • Nama    :
  • Alamat  :

Dan

  • Nama    :
  • Alamat  :

Pasal 1 Objek Jual Beli

Penjual setuju untuk menjual dan pembeli setuju untuk membeli sebidang tanah dengan Lokasi ( Durian. Kec Medan Sumatera Utara)

Luas Tanah (6.030 M)

Batas Batas Tanah

Utara     : Perbatasan Dengan Jalan Gang

Timur    : Perbatasan Dengan Rumah Pak Dimas

Selatan  : Perbatasan Dengan Kolam Renang

Barat : Perbatasan Dengan Pasar Hitam ( Jalan Raya)

Pasal Kedua (2) Harga dan Pembayaran

Harga  jual tanah ini adalah sebesar IDR Rp. 150.000.000,- ( seratus lima puluh juta rupiah) yang dibayarkan oleh Pembeli kepada Penjual dalam bentuk:

Uang Muka Sebesar Rp. 100.000.000,- Juta yang sudah diterima Oleh Penjual pada saat penandatangan perjanjian ini.

Pelunasan Sisa pembayaran akan dilakukan oleh pembeli dalam jangka waktu Sebulan 30 hari setelah penandatangan perjanjian ini.

Pasal 3 Jaminan dan Kepastian

Penjual Menjamin bahwa dia adalah pemilik sah tanah yang dijual dan memiliki hak untuk menjual tanah tersebut tanpa adanya beban atau pihak ketiga.

Pasal 4 Biaya dan Pajak

Dimana ada berbagai macam biaya yaitu seperti Biaya Notaris, Biaya Balik Nama Sertifikat dan lain lain yang berkaitan dalam proses jual beli tanah yang akan ditanggung oleh pembeli.

Pasar 5 Resiko Dan Kepemilikan

Resiko kerusakan atau kerugian atas tanah ini akan beralih sepenuhnya kepada Pembeli dari sejak tanggal penandatangan perjanjian ini. Namun, kepemilikan sah atas tanah ini akan beralih kepada pembeli setelah pembayaran lunas telah diterima oleh penjual.

Pasal 6 Pembatalan

Jika salah satu pihak gagal memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian ini, maka wajib pihak yang dirugikan berhak untuk membatalkan perjanjian ini. Karena dalam hal pembatalan, uang muka yang telah diterima akan dikembalikan kepada Pembeli tersebut.

Pasal 7 Hukum yang Berlaku

Perjanjian ini tunduk dan berlaku  hukum di [Indonesia /Sumatera Utara].

Pasal 8 Penyelesaian Sengketa

Setiap perselisihan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila terjadinya tidak berhasil, maka sengketa akan diselesaikan melalui proses hukum yang berlaku di [Indonesia/Sumatera Utara].

Demikianlah perjanjian Jual Beli Tanah ini dibuat dengan kesepakatan dan persetujuan dari kedua belah pihak pada tanggal 13/02/2024 yang sudah di cantumkan.

Tanda Tangan Kedua Pihak

Penjual                                                                  Pembeli

Nama                                                                    Nama

............                                                               ............                

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment